Jumat, Januari 30, 2009

Yamaha V-Max 2009, Makin Bertenaga

Lihat Gambar
Yamaha V-Max 2009

KapanLagi.com - Yamaha V-Max mulai muncul di tahun 1985 dan sejak kemunculan pertama itu hampir tak ada perubahan pada generasi-generasi selanjutnya. Motor hasil rancangan John Reed ini dikenal sebagai motor dengan tenaga besar namun payah di tikungan. Dan generasi tahun 2009 ini memang lebih fokus pada masalah cornering ini.

Meski sering disebut sebagai motor 'badak' alias kurang lincah di belokan namun kenyataannya motor ini menjadi legenda sekaligus motor Jepang yang meraih angka penjualan tertinggi. Angka ini bahkan tak bisa digeser oleh Honda yang mengeluarkan produk X-4 sebagai penantang motor keluaran Yamaha ini.

Yamaha V-Max 2009

Sebagai langkah awal untuk memperbaiki imej V-Max, Yamaha sengaja menjaring pendapat dari para pemilik generasi V-Max sebelumnya. Hasilnya, para pecinta V-Max ini mengharapkan adanya peningkatan tenaga, perbaikan posisi duduk dan kendali serta mempertahankan sistem penyaluran tenaga menggunakan gardan seperti generasi sebelumnya.

Untuk mencapai hasil maksimal, Yamaha terpaksa harus membuang chassis lama dan menggantikannya dengan konstruksi baru dari kerangka aluminium dan memanfaatkan mesin motor ini sebagai salah satu komponen untuk meningkatkan tingkat rigidity dari motor ini. Dan ini menyita waktu cukup lama sampai Yamaha memutuskan menunda kemunculan motor ini sampai semuanya benar-benar sempurna.

Yamaha V-Max 2009

Meski mengusung banyak perbaikan, desain keseluruhan V-Max 2009 ini masih tak jauh beda dengan generasi pertamanya. Misalnya saja posisi tangki yang terletak di bawah tempat duduk dan bukannya di atas mesin seperti pada kebanyakan motor. Jadi apa yang terlihat seperti tangki bensin itu sebenarnya adalah ruang udara serta dudukan bagi panel digital yang menampilkan jam, tripmeter, indikator bahan bakar, indikator posisi gigi, dan temperatur radiator.

Walaupun panel ini cukup lengkap, namun posisinya agak sulit untuk bisa dibaca dengan baik saat sedang berkendara. Kabarnya, Yamaha menggunakan electro-luminescence display yang konon lebih baik dari LCD. Untung Yamaha masih berbaik hati menempatkan tachometer berukuran besar di posisi yang lebih tinggi dan dapat dengan mudah dibaca.

Yamaha V-Max 2009

Di sisi mesin, kapasitas ruang bakar yang semula hanya 1.198cc didongkrak hingga mencapai 1.679cc dan diklaim mampu menghasilkan sekitar 197 tenaga kuda. Power cruiser ini masih menggunakan 5 gigi percepatan seperti pada generasi sebelumnya dan meski motor ini mampu mencapai kecepatan lebih tinggi namun Yamaha hanya mematok kecepatan sekitar 220 km/jam saja.

Karena motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar itu, maka jelas ia mengkonsumsi bahan bakar cukup banyak pula. Menurut pabriknya, dari posisi tangki bensin penuh, motor ini hanya mampu menempuh jarak sekitar 160 km saja. Jadi, Anda pasti tak akan bisa 'berjalan' terlalu jauh dengan motor ini.

Spesifikasi:

Engine:1679cc liquid-cooled 65° V-4, DOHC, 4 valves/cylinder
Compression Ratio:11.3:1
Fuel Delivery:Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Ignition:TCI
Transmission:5-speed, multiplate slipper clutch
Final Drive:Shaft
Length:94.3 in
Width:32.3 in
Height:46.8 in
Wheelbase:66.9 in
Fuel Capacity:4.0 gal
Front Suspension:radial mount 6-piston calipers, dual wave-type 12.6" (320 mm) discs, brembo master cylinder
Rear Suspension:single piston caliper, wave-type 11.7" (298mm) disc, Brembo master cylinder
Front Brakes:Dual 320mm wave-type discs; radial mount 6-piston calipers, Brembo radial pump master cylinder
Rear Brakes:298mm wave-type disc, single-piston caliper and Brembo® master cylinder
Front Tires:Bridgestone Radial 120/70-R18 59V
Rear Tires:Bridgestone Radial 200/50-R18 76V
Situs Resmi:www.starmotorcycles.com
(star/roc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar