Jumat, Januari 30, 2009

Honda CBR1000RR Generasi Ketiga

KapanLagi.com - Honda CBR1000RR atau mungkin lebih dikenal sebagai Fireblade ini termasuk dalam keluarga motor literbike atau motor dengan kapasitas mesin mendekati 1.000 cc. Fireblade generasi pertama mulai muncul di tahun 2004 lalu dan generasi tahun 2008 ini banyak mengadopsi teknologi dari CBR600RR dengan perbaikan di sana-sini.

Honda CBR1000RR

Seperti juga generasi pertamanya, Honda CBR1000RR generasi ketiga ini masih menggunakan mesin dengan empat silinder segaris dengan sistem pendinginan cair. Motor ini pertama kali terlihat pada acara Paris International Motorcycle Show September tahun lalu dan sekilas tak banyak perubahan yang terjadi pada Fireblade ini dari generasi tahun 2006.

Saat melihat spesifikasi resmi dari pabriknya barulah terlihat bahwa Fireblade 2008 ini telah mengalami beberapa perbaikan seperti peningkatan kapasitas mesin, rasio kompresi, dan perbaikan pada suspensi belakang. Namun secara keseluruhan Honda agaknya memfokuskan diri pada pengurangan bobot pada hampir semua bagian sehingga bobot total motor ini pun menurun sekitar 2,5 kg. Untuk mencapai bobot yang rendah ini, Honda sengaja mengalihkan titik terberat motor ini kebagian tengah motor dengan cara memangkas pipa gas buang yang sebelumnya berada tepat di bawah jok motor.

Honda CBR1000RR

Chassis Fireblade 2008 ini menggunakan bahan die-cast aluminium yang sebenarnya adalah modifikasi dari kerangka CBF600 yang mengalami perbaikan. Bedanya, kerangka Fireblade ini menggunakan swingarm yang sedikit lebih panjang dengan maksud meningkatkan traksi saat motor digeber dengan kecepatan tinggi. Peningkatan traksi ini juga diimbangi dengan perbaikan pada sistem suspensi belakang yang kali ini menggunakan monoshock dengan konstruksi terbalik Unit Pro-Link.

Sistem peredam kejut depan tetap dipercayakan pada suspensi lama namun dengan penambahan generasi terbaru HESD (Honda Electronic Steering Damper). HESD ini terletak tepat di depan tangki bahan bakar dan berfungsi untuk meningkatkan stabilitas terutama saat motor menikung dalam kecepatan tinggi.

Honda CBR1000RR

Dari tampilan luar sebenarnya motor ini tak mengalami terlalu banyak perubahan dari generasi 2006. Yang nyata terlihat mungkin hanyalah pipa gas buang yang sekarang jadi lebih pendek dan lebar dan berada di bawah posisi pengendara. Perubahan lain yang terlihat adalah bentuk 'hidung' motor yang terlihat lebih pendek dan lebar ketimbang versi sebelumnya sementara bodi motor ini juga mengalami sedikit perampingan dan jarak tempat duduk dan setang kemudi juga sedikit lebih pendek sehingga memberi kenyamanan pada pengendara.

Spesifikasi:

Engine:999cc liquid-cooled 4-stroke 16-valve DOHC inline-4
Max Power:170bhp @ 11,250 rpm
Torque:84ftlb
Top speed:179mph
1/4-mile acceleration:10.2 secs
Trail:96.2 mm
Wheelbase:1,410 mm
Berat:199kg
Situs Resmi: http://powersports.honda.com
(cbr/roc)

Honda CBR1000RRHonda CBR1000RRHonda CBR1000RR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar