Jumat, Januari 30, 2009

Honda Freed Siap Masuk Indonesia dan Mengguncang Takhta Avanza

Written by Andre Alexander

Honda Pastikan Freed Masuk Indonesia
Honda Pastikan Freed Masuk Indonesia

Segala kebimbangan tentang kehadiran Honda Freed di Indonesia akhirnya terjawab. PT Honda Prospect Motor (HPM) secara official mengumumkan kehadiran Multi Purpose Vehicle (MPV) 7 seater ini pada triwulan kedua tahun 2009 ini. Sementara peluncuran Odyssey generasi baru ditunda.

Mobil serba guna berplatform Honda Jazz ini diperkirakan akan menggoyahkan tahta Toyota Avanza sebagai MPV primadona. Dibekali kehebatan mesin 1.5-liter VTEC 4-silinder yang ditopang oleh transmisi otomatis 5 percepatan, Freed diclaim mampu menempuh jarak 16,4km per liter.

Situasi ekonomi tidak mengizinkan banderol harga saat ini
Pt. HPM akan merakit sendiri Freed. Salah satu tujuannya adalah untuk menekan biaya sebanyak-banyaknya. Namun, ketika disinggung mengenai kemungkinan harga yang akan dipatok oleh Honda, Jonfis tidak dapat menjawabnya.

"Situasi dolar saat ini membuat kami sulit menentukan harga sebuah produk baru. Semoga saja ketika mobil ini akan di-launch, harga dolar dapat stabil," tukas Jonfis.

Kapasitas besar dan tetap langsing
Meskipun mampu menampung 7 penumpang namum bukan berarti Freed akan berbadan bongsor. Designer Honda berhasil mengefisienkan tata ruang sehingga sisi dalam menjadi lega tanpa merubah banyak dimensi keseluruhannya.

Design pintupun menjadi sorotan tersendiri. Sliding door di kedua pintu penumpang dengan lebar 600mm dipilih untuk memudahkan akses bagi penumpang belakang.

Dimensi body Freed:
Panjang 4,215 mm
Lebar 1,695 mm (sama dengan All New Jazz)
Tinggi 1,715 mm.
Jarak sumbu roda (Wheel base) 2,740 mm (hanya +325 mm dari All-New Jazz) Mesin yang digunakan juga sama dengan Jazz, yaitu i-VTEC 1.500 dengan transmisi, otomatik CVT torque converter

Temen-temen yang dah pada gak sabar nugguin Freed pasti pada happy mendengar kabar ini, menurut ancang-ancang kemungkinan harga Freed akan tidak jauh berbeda dari All New Jazz hingga All New City. Mahal??? Tetep sikaaat...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar